Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Pejuang dalam Sepi

Mutiara Pagi

        Pejuang
      Dalam sepi

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi saw bersabda :

طوبى لعبد آخذ بعنان فرسه فى سبيل الله أشعث رأسه مغبرة قدماه

Berbahagialah bagi seorang hamba yg memegang tali kudanya dijalan Allah (nampak) rambutnya acak dan lusuh, kedua kakinya penuh debu.

إن كان فى الحراسة كان فى الحراسة و إن كان فى الساقة كان فى الساقة
Jika ia sedang bertugas jaga (hirosah) ia setia dalam tugas jaganya, tapi jika ia sedang dimedan juang ia (sungguh-sungguh) dimedan juang.

إن استأذن لم يؤذن له

Jika ia minta izin tidak diberi izin

وإن شفع لم يشفع

Jika ia minta syafa'at (jadi mediator utk kebaikan orang lain) tidak diberikan.

(HR; Bukhori)

Faedah Hadis

1. Dalam barisan perjuangan Islam banyak sekali pejuang pejuang yg tak dikenal tapi mereka berjuang dg seluruh kemampuan, dengan keikhlasan yg tinggi penuh dedikasi bahkan digambarkan 'ngurus' badan sendiri juga tidak ke urus rambutnya acak2an, badannya berdebu karena beberapa hari tidak mandi sebab ada 'proyek perjuangan' maraton yg menjadi tanggung jawabnya.

2. Pejuang seperti ini dimanapun ditempatkan siap melaksanakan tugas dg baik, kalau disuruh tugas jaga malam siap! Disuruh tempat paling depan dlm front siap. Bahkan saat ia minta izin tapi tidak diberi izin pun ia ikhlas karena sedang ada tugas urgen.

3. Saking tidak dikenal banyak orang, pejuang 'rendahan' seperti ini saat ia mengajukan syafa'at (permohonan kebaikan utk orang lainpun) tidak diberi, karena bukan makomnya ia memberi syafaat,atau  bahkan minta izin ada keperluan dirinya pun tidak diberi izin,  namun ia tetap tegar dan sabar dalam barisan perjuangan.

4. Imam Al-Bukhori meletakkan hadis ini ďalam  bab BERJAGA (الحراسة فى الغزو فى سبيل الله), dimana dalam dunia kemiliteran pos jaga merupakan unsur penting pengamanan meskipun dijaman  tehnologi canggih, pengamanan tidak mengenal istilah istirahat dg alasan waktunya tidur, ia harus terus berjalan meskipun semua orang sedang istirahat.

5. Biasanya yg bertugas di pos jaga adalah para petugas tingkat awal/bawah, tapi Rosulullah saw mengapresiasi mereka dg kalimat 'thuba' طوبى  berbahagialah.

Berbahagialah wahai para penjaga da'wah yg bekerja dalam sunyi diseluruh pelosok negri.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Pejuang dalam Sepi di blog Tadabbur Kubur Takabbur jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com