Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

BENARKAH ABDAH BIN ABDURRAHIM ITU MURTAD

BENARKAH ABDAH BIN ABDURRAHIM ITU MURTAD?

PERTANYAAN :
Assalamu'alaykum ustadz. Ana mau bertanya ttg mujahid 'Abdah bin Abdurrahim yg hdp pd msa tabi'in, apa benar beliau pd akhir hayatx murtad masuk agama nasrani? Apa penyebab beliau murtad?
@Ummu Dzakira

JAWABAN :
Wa'alaikumus Salam Warohmatullahi wabarokatuh
1⃣ Kisah tersebut dinukil oleh Al-Hâfizh Ibnu Katsir dalam "al-Bidayah wan Nihayah" (juz 11 hal. 64) dari Ibnul Jauzî, yang menceritakan bahwa 'Abdah bin Abdurrahim murtad gara² terfitnah wanita Romawi yang cantik.
2⃣ Pentahqiq kitab al-Bidayah wan Nihayah, yaitu Syaikh Abdullâh at-Turki mengomentari kisah tsb :
المصدر السابق أي المنتظم الجزء12 الصفحة 302: فيه أن هذه القصة إنما وقعت لشاب كان في صحبة عبدة, فالذي تنصر إنما هو ذلك الشاب وليس ((عبدة بن عبد الرحيم)) ((وعبدة)) هو راوي القصة وليس هو صاحبها. 
Sumber referensi sebelumnya, yaitu al-Muntazham juz 12 hal. 302, menjelaskan bahwa kisah ini sebenarnya terjadi pada seorang pemuda yang menemani Abdah. Jadi yang murtad menjadi nasrani itu adalah pemuda ini, bukanlah 'Abdah bin Abdurrahim, sedangkan Abdah sendiri adalah periwayat Kisah tersebut, bukanlah pelakunya. "
3⃣ Pernyataan Syaikh Abdullâh at-Turki di atas, didukung oleh riwayat kisah yang valid, yaitu yang murtad adalah pemuda yg menemani Abdah, sedangkan Abdah adalah yang menceritakan. Hal ini bisa dicek di kitab :
➖ Al-Muntazham fi Tarikh al-Umam wal Muluk, karya Abul Farj al-Jauzi, Darul Kutub Ilmiah, Beirut, 1412, cet 1, juz 12 hal 301.
➖ Tarikhul Islam wa Wafiyatul Masyahir wal A'lam karya Adz-Dzahabî, Darul Gharb al-Islâmi, 2003, cet 1, juz 5 hal 1176
➖ Mukhtashar Tarikh Dimasyqi karya Ibnu Syaikh, yg ditulis oleh Ibnu Manzhur, Darun Nasyr, 1402, cet 1, juz 15 hal 296.
Dan kitab Tarikh (sejarah) lainnya
4⃣ Penilaian para ulama terhadap Abdah bin Abdurrahim :
➖ Abu Hâtim pernah ditanya  tentang Abdah bin Abdurrahim, maka beliau menjawab : Abdah seorang yang jujur (shaduq).
➖ An-Nasa'i menilainya sebagai orang yang jujur dan tdk ada sesuatu padanya.
Dll

KESIMPULAN :
Abdah bin Abdurrahim adalah mujahid yang tidak murtad, dan Ibnu Katsir mengalami kekeliruan saat menceritakan kisah beliau yang seharusnya yang murtad adalah seorang pemuda yang menyertai Abdah, dan dikisahkan sendri oleh Abdah kemurtadannya gara² terfitnah oleh wanita cantik.
Wallâhu a'lam

✏️ @abinyasalma

Terima kasih telah membaca artikel tentang BENARKAH ABDAH BIN ABDURRAHIM ITU MURTAD di blog Tadabbur Kubur Takabbur jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com