Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Tadabbur Hadits

*Tadabbur Hadits*
By Fahmi Zubir. Lc
مَا شَيْءٌ أَثْقَلُ فِي مِيزَانِ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ خُلُقٍ حَسَنٍ وَإِنَّ اللَّهَ لَيُبْغِضُ الْفَاحِشَ الْبَذِيءَ
_“Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin kelak pada hari kiamat daripada akhlak yang baik. Sesungguhnya Allah amatlah murka terhadap seorang yang keji lagi mengucapkan ucapan yang jelek.” (HR. At-Tirmizi No.2002, Shahih)_
Pelajaran Hadits ini :
1. *Good Manner.*  Akhlak yang baik itu tangga menuju sukses.  Sekarang ini, demi mencapai sukses dunia, perusahaan raksasa meng-create *corporate culture* yang content-nya akhlak. Nah, Allah SWT mengajak sukses dengan dimensi yang lebih tinggi lagi. Sukses di dunia dan akhirat.
2. *SPIRIT* itu perlu  dalam menggapai kesuksesan.  SPIRIT itu ternyata hanya ada  dalam aktivitas  spiritual, diantaranya percaya kepada timbangan kebaikan di akhirat.
3. *Embrace Work-Life Balance.*  Seseorang yang bekerja keras itu pasti membutuhkan 'rest' untuk me-refresh otak dan fisiologi-nya.  Bentuk refresh yang paling nikmat adalah 'curhat'  dengan Allah SWT. Inilah _work-life balance_ yang kita butuhkan. Rasulullah SAW merasakan fresh ketika shalat malam, bahkan shalat itu sebagai "qurrota 'ayn" (pemanis mata dan jiwa).
4. *Self Awareness.*  Orang yang tidak memiliki awareness itu  dia yang mudah menabrak, terjatuh, bangkrut, bahkan mengalami kehancuran. Hadits ini meng-encourage agar selalu memasang radar self awareness,  jangan  mudah menabrak-nabrak, sehingga mendapat murka Allah SWT.  Sikap emosional dan mengucapkan kata yang jelek itu murka Allah, akses kepada kekejian, kejahatan, dan keburukan moral yang nantinya hanya pantas di balas dengan adzab pedih di akhirat.
5. *Humility and respect.* Kerendahan hati dan menghargai orang lain  dengan menahan diri dari kata-kata emosional. Lapang dada dalam perbedaan. Memaafkan dalam kekhilafan. Itulah karakter mukmin.
Wallahu a'lam bis showab























































































Apa sebenarnya ilmu harimau itu? Apakah ilmu harimau identik dengan ilmu siluman harimau seperti kisah 7 Manusia Harimau? Dapatkan jawaban tentang ilmu harimau di tulisan berikut:

Dapatkan informasi seputar beladiri di sini
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tadabbur Hadits di blog Tadabbur Kubur Takabbur jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com