Iya sana, belajar dulu dah sekalian biar debatnya pake
konsisten, kga plintat plintut. Ente pake hadist yg jelas2 di tentang oleh
ulama2 suni (bukhori, tirmidzi, nasa'i, dll)
Yg mana..? Shahih Muslim..? Waduh.. Belajar lagi bos.. Saya jd tertarik soal yahudi dan mesir td. Katakanlah tadinya mrk beragama yahudi dan nasrani, namun yg jelas mrk diperistri Rasulullah dan semuanya masuk Islam. Dan ketika meninggal di-shalatkan oleh para sahabat jg. Pastinya org Islam dong. Gak ada relevansinya membicarakan ke-ahlul kitab-an mereka, sdgkan yg jelas mrk sdh masuk Islam. Dan yg paling jelas mrk adalah ahlul baitnya Rasul. Mrk tinggal satu rumah dgn Rasulullah. Ini fakta. Masa' yg kayak gini dibilang copas..
Makanya pengertian ahlul bait nya yg mesti diperbaiki sesuai dalil. Krn tdk setiap bani hasyim adalah ahlul bait. Istri2nya Rasulullah bkn cuma org Quraisy, ada org yahudi (Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab al Qurazhi) dan org mesir (Mariyya al Qibthiyyah). Mrk jg termasuk ahlul kitab..
Hadis sahih sunan tirmidzi menyatakan dlm riwayat dr abu umar bin abu salamah yg brkata 'ayat berikut..(Surat al ahzab:33) ayat tsb turun d rumah ummu salamah. Dr hadist tsb d ketahui ayat ini turun berkaitan dengan pristiwa penyelimutan ahlul bait sawn yaitu sayyidah fatimah, imam ali, hasan, husain as.
Hr an nasa'i dlm khashaish al imam ali hadis no. 51 dan d sahihkan abu ishaq al huwaini al atsari. Diriwayatkan dr saad bin abi waqash dan ketika ayat qs al ahzab:33 turun beliau memanggil ali, fatimah, hasan, husain lalu bersabda ya اَللّهَ mereka adalah ahli baitku'
Hadis sahih ahlul kisa sahih muslim, vol 7 hal 130 aisyah berkata: pd suatu pagi rosulullah keluar rumah menggunakan jubah (kisa) yg trbuat dr bulu domba, hasan datang, dan kemudian rosulullah menempatkannya d bawah slimut tsb, kmudian husain dtang dan masuk k dalamnya, kemudian fatimah datang ditempatkan rosulullah d sana. Kemudian ali datang dan rosulullah mengajaknya di bawah kisa dan berkata "sesungguhnya اَللّهَ bermaksud menghilangkan dosa dr kamu wahai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih2 nya(qs al ahzab:33). Sunan at turmudzi, kitab al-manaqib.
Jd gimana ceritanya sahih muslim meriwayatkan 2 hadis yg bertentangan.. 1 hadis menyebut ahlul bait adalah, fatimah, ali, hasan husain (riwayat dr aisyah) 1 lg menyebut keluarga abbas, jafar dan aqil (riwayat ga jela)
Sedangkan hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Hadis yg tdk memenuhi 2 syarat tsb d katakan hadis dhaif/lemah sanad nya, dan perlu d teliti, artinya hadis dhaif tdk bs di jadikan hujjah..
Hadis yg ana bawa jelas memenuhi 2 syarat td, dan semua menyebut ali, fatimah, hasan, husain sbg ahlul bait.
Sedangkan hadis yg ente bawakan kpd ana sbb: Dari Zaid bin Arqom bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam suatu hari berkhutbah: Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul Baitku (sampai tiga kali) maka Husain bin Sibroh (perawi hadits) bertanya kepada Zaid “Siapakah Ahlul Bait beliau wahai Zaid bukankah istri-istri beliau termasuk ahlil baitnya? Zaid menjawab para istri Nabi memang termasuk Ahlul Bait akan tetapi yang di maksud di sini, orang yang di haramkan sedekah setelah wafatnya beliau. Lalu Husain berkata: siapakah mereka beliau menjawab:“Mereka adalah keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas ? Husain bertanya kembali Apakah mereka semuanya di haramkan zakat ? Zaid menjawab Ya… [Shahih muslim 7/122-123]
Yazid bin hayyan berkata : hai kemenakanku, demi اَللّهَ aku ini telah tua dan ajalku telah semakin dekat. Aku sudah lupa sbagian dr apa yg aku dengar dr rosulullah, apa yg bisa aku sampaikan kpdmu terimalah dan apa yg tdk bisa aku sampaikan kpd mu janganlah memaksaku untuk menyampaikannya. (Lanjutan) Kemudian zaid bin arqam mengatakan rosul berpidato..."
Jd jelas hadis yg ente sampaikan tdk memenuhi syarat yg ke 2, yaitu ente mengambil hadis dr orang tua yg telah pikun bernama zaid bin arqam, Hadis dr zaid bin arqam d di sampaikan kpd yazid bin hayyan, dan menurut yazid bin hayyan, zaid bin arqom telah pikun. Dan hadit dr ente juga tidak di riwayatkan oleh ulama lain kecuali muslim, Jd jelas hadis yg ente bawa tdk memenuhi syarat sbg hadis sahih,
Jd gini bro,jgn bicara sesuatu yg ente gak pegang ilmunya. Yg ente omongin itu kan asli copy paste. Tp yg jelas Imam Muslim itu sdh diakui ribuan thn sbg ulama hadits yg kredibilitas diakui. Imam Bukhari dan Imam Muslim terkenal dgn shahih nya, shg kitab mrk dinamakan Shahihain (2 kitab shahih). Jika ada hadits yg diriwayatkan mereka berdua dan dr jalur yg sama disebut dgn muttafaqun alaih jika jalur yg berbeda disebut syaikhani (dr 2 org syaikh). Tdk ada seorg imampun selain mrk berdua yg mendapat keistimewaan spt ini. Jadi ente mikir dulu deh maqam ente sdh nyampe mana mau ngritik mrk. Yg jelas ane lbh percaya Imam Muslim dr pd org kyak ente yg pasang nama sendiri aja gak berani.. :D
Ente kan mau bahas soal ahlul bait pake surat Al Ahzab ayat 33. Coba ente baca tafsir Ibnu Katsir. Pembahasan ttg ayat itu dikelompok dlm 3 ayata, yaitu ayat 32,33 dan 34. Coba ente liat ayat 32 siapa yg diseru di sana? Yaa nisaa'an nabiyyi.. (Hai istri-istri nabi). Ayat 33 baru ngomongin ahlul bait. Ayat ke-4 "ingatlah apa yg dibacakan di rumah2 kalian dr ayat2 Allah dan hikmah" justru menurut ibnu Katsir adalah khusus utk Aisyah ra, krn tdk ada wahyu yg turun kpd Rasulullah SAW di selain tempat tidur istri Rasulullah SAW melaikan hanya pd Aisyah ra.
Jadi logika umum aja deh, ahlul bait itu menurut ayat 33 itu adalah hanya utk istri2 nabi berdasarkan ayat sebelum dan sesudahnya. Jadi menurut ane justru Zaid bin Arqam yg berjasa utk meluaskan pengertian ahlul bait itu bkn cuma istri2 nabi, namun jg keluarga Ali, Ja'far, Aqil dan Abbas. Klo gak ada keterangan dr beliau dan cuma liat konteks ayat, kita ngertinya ahlul bait itu adalah istri2 nabi. Harusnya para pencinta ahlul bait amat berterima kasih pd zaid bin arqam. Dan menariknya lagi para ahli tafsir dan hadits menjelaskan pada penjelasan ahlul bait tsb adalah tafsir dr Zaid. Hadits2 terkait hasan, husain yg dipeluk nabi di atas jg menjelaskan bhw ahlul bait termasuk hasan dan husain. Beliau jg "menambahkan" tafsir terkait ahlul bait yg bukan hanya istri2 beliau. Klo beliau gak nambahin kita jg taunya ahlul bait itu hanya istri2 beliau. Jadi berterima kasih lah pada Imam Muslim yg telah meriwayatkan hadits tersebut berikut tafsirnya.
Kl memang imam bukhari dan imam muslim tidak ada salahnya berarti mereka ber 2 maksum donk, tidak boleh salah. Ayat al quran mana yg menjamin imam bukhori dan muslim maksum? Bukankah maksum itu hanya milik rosul? Kl memang imam bukhari dan imam muslim tidak ada salahnya berarti mereka ber 2 maksum donk, tidak boleh salah. Ayat al quran mana yg menjamin imam bukhori dan muslim maksum? Bukankah maksum itu hanya milik rosul? Ente belajar lagi bro.. Ente kaga pake ilmu, udh ketauan zaid bin arqom orang tua yg pikun.. Hadis ente tdk memenuhi 2 syarat, artinya hadis ente dhoif/lemah dan tdk bs di jadikan hujjah.. Pake ilmu dan pake akal dalam memahami ayat dan hadis. Makanya baca hadisnya dr atas, jangan baca sepotong doank. Jd nya kblinger..
Hadis nya sendiri yg bilang zaid bin arqom tua dan pikun.. Makanya baca hadisnya dr awal smpe akhir... Jangan spotong doank,
Saya sdh baca di tafsir ibnu katsir. Skrg gini aja, utk sekelas imam muslim tdk mempermasalahkan hadits tersebut, ibnu katsir yg ahli tafsir dan jg hadits jg masih dipakai hadits tsb dan seluruh ulama jg masih memakai hadits tsb, pasti ada pertimbangan lain. Dan saya percaya dgn pertimbangan ulama tafsir dan hadits drpd ente yg pasang nama di dp aja gak berani.. :D. Siapa ente di sisi mrk? Sayang saya tdk py syarah shahih muslim dr imam nawawi, klo py bisa saya rujuk ke kitab beliau. Tp boleh lah nanti saya googling kenapa. Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau. Tp satu hal yg pasti, pemahaman beliau ttg status ahlu bait keluarga nabi tdk dikritik oleh sahabat yg lain dan tdk jg oleh ulama2 hadits sezaman dgn imam muslim. Klopun ada perbedaan, perbedaan itu sifatnya complementary bkn subsidiary.
Bicara surat 33:33 itu bicara ayat mubahalah.. Lihat ayat mubahalah, ayat penyebutan ahlul bait, Penyebutannya kpd siapa.. Di sana tdk ada penyebutan kpd keluarga aqil, jafar, dan dan abbas. Lagian ente mau ngomong gimanapun tetep aja hadis ente tdk memenuhi ke 2 syarat, artinya lemah dan tdk bs di jadikan hujjah. Kuutipan " Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau.".... Ini jelas2 tidak memenuhi syarat sbg org yg pantas meriwayatkan hadis.. Ulama hadis dan para sahabat sndiri yg menyebutkan... Artinya hadisnya lemah dan tdk bs di jadikan sandaran/hujjah.. Pake logika.. Ini sebuah pengakuan kekurangan zaid bin arqam yg di akui oleh ulama hadis dan sahabat rosul
=)) ente tidak pake akal ente.. Padahal firman اَللّهَ afalaa ta'kilun.. Afalaa tatafakaruun.. 'Pake akal, pake pikiran'
Yg mana..? Shahih Muslim..? Waduh.. Belajar lagi bos.. Saya jd tertarik soal yahudi dan mesir td. Katakanlah tadinya mrk beragama yahudi dan nasrani, namun yg jelas mrk diperistri Rasulullah dan semuanya masuk Islam. Dan ketika meninggal di-shalatkan oleh para sahabat jg. Pastinya org Islam dong. Gak ada relevansinya membicarakan ke-ahlul kitab-an mereka, sdgkan yg jelas mrk sdh masuk Islam. Dan yg paling jelas mrk adalah ahlul baitnya Rasul. Mrk tinggal satu rumah dgn Rasulullah. Ini fakta. Masa' yg kayak gini dibilang copas..
Makanya pengertian ahlul bait nya yg mesti diperbaiki sesuai dalil. Krn tdk setiap bani hasyim adalah ahlul bait. Istri2nya Rasulullah bkn cuma org Quraisy, ada org yahudi (Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab al Qurazhi) dan org mesir (Mariyya al Qibthiyyah). Mrk jg termasuk ahlul kitab..
Hadis sahih sunan tirmidzi menyatakan dlm riwayat dr abu umar bin abu salamah yg brkata 'ayat berikut..(Surat al ahzab:33) ayat tsb turun d rumah ummu salamah. Dr hadist tsb d ketahui ayat ini turun berkaitan dengan pristiwa penyelimutan ahlul bait sawn yaitu sayyidah fatimah, imam ali, hasan, husain as.
Hr an nasa'i dlm khashaish al imam ali hadis no. 51 dan d sahihkan abu ishaq al huwaini al atsari. Diriwayatkan dr saad bin abi waqash dan ketika ayat qs al ahzab:33 turun beliau memanggil ali, fatimah, hasan, husain lalu bersabda ya اَللّهَ mereka adalah ahli baitku'
Hadis sahih ahlul kisa sahih muslim, vol 7 hal 130 aisyah berkata: pd suatu pagi rosulullah keluar rumah menggunakan jubah (kisa) yg trbuat dr bulu domba, hasan datang, dan kemudian rosulullah menempatkannya d bawah slimut tsb, kmudian husain dtang dan masuk k dalamnya, kemudian fatimah datang ditempatkan rosulullah d sana. Kemudian ali datang dan rosulullah mengajaknya di bawah kisa dan berkata "sesungguhnya اَللّهَ bermaksud menghilangkan dosa dr kamu wahai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih2 nya(qs al ahzab:33). Sunan at turmudzi, kitab al-manaqib.
Jd gimana ceritanya sahih muslim meriwayatkan 2 hadis yg bertentangan.. 1 hadis menyebut ahlul bait adalah, fatimah, ali, hasan husain (riwayat dr aisyah) 1 lg menyebut keluarga abbas, jafar dan aqil (riwayat ga jela)
Sedangkan hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Hadis yg tdk memenuhi 2 syarat tsb d katakan hadis dhaif/lemah sanad nya, dan perlu d teliti, artinya hadis dhaif tdk bs di jadikan hujjah..
Hadis yg ana bawa jelas memenuhi 2 syarat td, dan semua menyebut ali, fatimah, hasan, husain sbg ahlul bait.
Sedangkan hadis yg ente bawakan kpd ana sbb: Dari Zaid bin Arqom bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam suatu hari berkhutbah: Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul Baitku (sampai tiga kali) maka Husain bin Sibroh (perawi hadits) bertanya kepada Zaid “Siapakah Ahlul Bait beliau wahai Zaid bukankah istri-istri beliau termasuk ahlil baitnya? Zaid menjawab para istri Nabi memang termasuk Ahlul Bait akan tetapi yang di maksud di sini, orang yang di haramkan sedekah setelah wafatnya beliau. Lalu Husain berkata: siapakah mereka beliau menjawab:“Mereka adalah keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas ? Husain bertanya kembali Apakah mereka semuanya di haramkan zakat ? Zaid menjawab Ya… [Shahih muslim 7/122-123]
Yazid bin hayyan berkata : hai kemenakanku, demi اَللّهَ aku ini telah tua dan ajalku telah semakin dekat. Aku sudah lupa sbagian dr apa yg aku dengar dr rosulullah, apa yg bisa aku sampaikan kpdmu terimalah dan apa yg tdk bisa aku sampaikan kpd mu janganlah memaksaku untuk menyampaikannya. (Lanjutan) Kemudian zaid bin arqam mengatakan rosul berpidato..."
Jd jelas hadis yg ente sampaikan tdk memenuhi syarat yg ke 2, yaitu ente mengambil hadis dr orang tua yg telah pikun bernama zaid bin arqam, Hadis dr zaid bin arqam d di sampaikan kpd yazid bin hayyan, dan menurut yazid bin hayyan, zaid bin arqom telah pikun. Dan hadit dr ente juga tidak di riwayatkan oleh ulama lain kecuali muslim, Jd jelas hadis yg ente bawa tdk memenuhi syarat sbg hadis sahih,
Jd gini bro,jgn bicara sesuatu yg ente gak pegang ilmunya. Yg ente omongin itu kan asli copy paste. Tp yg jelas Imam Muslim itu sdh diakui ribuan thn sbg ulama hadits yg kredibilitas diakui. Imam Bukhari dan Imam Muslim terkenal dgn shahih nya, shg kitab mrk dinamakan Shahihain (2 kitab shahih). Jika ada hadits yg diriwayatkan mereka berdua dan dr jalur yg sama disebut dgn muttafaqun alaih jika jalur yg berbeda disebut syaikhani (dr 2 org syaikh). Tdk ada seorg imampun selain mrk berdua yg mendapat keistimewaan spt ini. Jadi ente mikir dulu deh maqam ente sdh nyampe mana mau ngritik mrk. Yg jelas ane lbh percaya Imam Muslim dr pd org kyak ente yg pasang nama sendiri aja gak berani.. :D
Ente kan mau bahas soal ahlul bait pake surat Al Ahzab ayat 33. Coba ente baca tafsir Ibnu Katsir. Pembahasan ttg ayat itu dikelompok dlm 3 ayata, yaitu ayat 32,33 dan 34. Coba ente liat ayat 32 siapa yg diseru di sana? Yaa nisaa'an nabiyyi.. (Hai istri-istri nabi). Ayat 33 baru ngomongin ahlul bait. Ayat ke-4 "ingatlah apa yg dibacakan di rumah2 kalian dr ayat2 Allah dan hikmah" justru menurut ibnu Katsir adalah khusus utk Aisyah ra, krn tdk ada wahyu yg turun kpd Rasulullah SAW di selain tempat tidur istri Rasulullah SAW melaikan hanya pd Aisyah ra.
Jadi logika umum aja deh, ahlul bait itu menurut ayat 33 itu adalah hanya utk istri2 nabi berdasarkan ayat sebelum dan sesudahnya. Jadi menurut ane justru Zaid bin Arqam yg berjasa utk meluaskan pengertian ahlul bait itu bkn cuma istri2 nabi, namun jg keluarga Ali, Ja'far, Aqil dan Abbas. Klo gak ada keterangan dr beliau dan cuma liat konteks ayat, kita ngertinya ahlul bait itu adalah istri2 nabi. Harusnya para pencinta ahlul bait amat berterima kasih pd zaid bin arqam. Dan menariknya lagi para ahli tafsir dan hadits menjelaskan pada penjelasan ahlul bait tsb adalah tafsir dr Zaid. Hadits2 terkait hasan, husain yg dipeluk nabi di atas jg menjelaskan bhw ahlul bait termasuk hasan dan husain. Beliau jg "menambahkan" tafsir terkait ahlul bait yg bukan hanya istri2 beliau. Klo beliau gak nambahin kita jg taunya ahlul bait itu hanya istri2 beliau. Jadi berterima kasih lah pada Imam Muslim yg telah meriwayatkan hadits tersebut berikut tafsirnya.
Kl memang imam bukhari dan imam muslim tidak ada salahnya berarti mereka ber 2 maksum donk, tidak boleh salah. Ayat al quran mana yg menjamin imam bukhori dan muslim maksum? Bukankah maksum itu hanya milik rosul? Kl memang imam bukhari dan imam muslim tidak ada salahnya berarti mereka ber 2 maksum donk, tidak boleh salah. Ayat al quran mana yg menjamin imam bukhori dan muslim maksum? Bukankah maksum itu hanya milik rosul? Ente belajar lagi bro.. Ente kaga pake ilmu, udh ketauan zaid bin arqom orang tua yg pikun.. Hadis ente tdk memenuhi 2 syarat, artinya hadis ente dhoif/lemah dan tdk bs di jadikan hujjah.. Pake ilmu dan pake akal dalam memahami ayat dan hadis. Makanya baca hadisnya dr atas, jangan baca sepotong doank. Jd nya kblinger..
Hadis nya sendiri yg bilang zaid bin arqom tua dan pikun.. Makanya baca hadisnya dr awal smpe akhir... Jangan spotong doank,
Saya sdh baca di tafsir ibnu katsir. Skrg gini aja, utk sekelas imam muslim tdk mempermasalahkan hadits tersebut, ibnu katsir yg ahli tafsir dan jg hadits jg masih dipakai hadits tsb dan seluruh ulama jg masih memakai hadits tsb, pasti ada pertimbangan lain. Dan saya percaya dgn pertimbangan ulama tafsir dan hadits drpd ente yg pasang nama di dp aja gak berani.. :D. Siapa ente di sisi mrk? Sayang saya tdk py syarah shahih muslim dr imam nawawi, klo py bisa saya rujuk ke kitab beliau. Tp boleh lah nanti saya googling kenapa. Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau. Tp satu hal yg pasti, pemahaman beliau ttg status ahlu bait keluarga nabi tdk dikritik oleh sahabat yg lain dan tdk jg oleh ulama2 hadits sezaman dgn imam muslim. Klopun ada perbedaan, perbedaan itu sifatnya complementary bkn subsidiary.
Bicara surat 33:33 itu bicara ayat mubahalah.. Lihat ayat mubahalah, ayat penyebutan ahlul bait, Penyebutannya kpd siapa.. Di sana tdk ada penyebutan kpd keluarga aqil, jafar, dan dan abbas. Lagian ente mau ngomong gimanapun tetep aja hadis ente tdk memenuhi ke 2 syarat, artinya lemah dan tdk bs di jadikan hujjah. Kuutipan " Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau.".... Ini jelas2 tidak memenuhi syarat sbg org yg pantas meriwayatkan hadis.. Ulama hadis dan para sahabat sndiri yg menyebutkan... Artinya hadisnya lemah dan tdk bs di jadikan sandaran/hujjah.. Pake logika.. Ini sebuah pengakuan kekurangan zaid bin arqam yg di akui oleh ulama hadis dan sahabat rosul
=)) ente tidak pake akal ente.. Padahal firman اَللّهَ afalaa ta'kilun.. Afalaa tatafakaruun.. 'Pake akal, pake pikiran'
Ente belajar lagi deh
ilmu musthalahah hadits baru ngomong sama ane.
hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Emang syarat rawy itu bisa diterima apa aja..? Itu aja dulu ente jawab. Klo cuma ngata2in yg pake akal siapa aja bisa bro..
Hadis ente ga memenuhi 2 syarat tsb
Emangnya apa syaratnya..?
itu d atas
Mana?
hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Sdh belajar lagi sono.. Kriteria siapa lagi yg ente pake
Jelas2 tidak memenuhi syarat masih ngelak aja
Kitab mana yg bilang gitu.. Belajar deh
=)) ente lucu.. Ente tdk mengakui kesalahan ente dalam memahami hadis dan ayat..
Ente mungkin sudah di kunci mati hatinya. Spt al quran bilang kώk oº°˚˚°º =)) kώk =Doº°˚˚°º
Ente ketawa jg gak bisa hilangkan kejahilan ente thd ilmu hadits..
ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ "̮ ane ketawa krn melihat ente sbg org yg sombong, ketika menolak kebenaran yg d sampaikan al quran dan rosulullah. Maka ane ketawa amal ente spt debu berterbangan
Kejahilan pertama, ente gak tau kualitas rawy dan kualitas hadits.. Belajar ya.. Byk kerancuan pemikiran ente dr sana, tdk nguasai ilmu ushul.
Kuutipan " Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau."....
Pake logika.. Ini sebuah pengakuan kekurangan zaid bin arqam yg di akui oleh ulama hadis dan sahabat rosul
Kayaknya gak ada yg aneh dgn itu. Klo diakui tentu para sahabat dan ulama akan menolaknya dan tdk akan dibiarkan
Lucu ente tidak pake akal.. Sedangkan اَللّهَ memerintahkan u/ menggunakan akal
Kl cuma baca, copas, kata orang... Itu anak sd juga bisa. Yg اَللّهَ suruh pake akal
Bukan katanya.. Cuma 1 ayat aja ga paham.. Gimana ayat yg lain. Jelas2 ulama dan sahabat mengakui kekurangan dan cela zaid bin arqom.. Eh hadisnya msh di pake jd sandaran.. Sama aja nanya jalan sm org yg pikun dan tidak tau, trus percaya.. Padahal ulama dan sahabat rame2 ngasih tau bahwa dia pikun.. Huakakakaka.. Entelah orang yg di katakan sombong oleh rosulullah krn menolak kebenaran.. Dan berguguran semua amal ente. Merasa hebat sih.. Smpe2 ulama dan sahabat ngsih isyarat aja, tetep ga ngerti..
Kalo kata ulama dan sahabat dia pikun, ya udah.. Ngapain pake nanya jalan sm org pikun, blm tentu bener.. Kenapa ga nanya yg lain aja yg ga pikun.. Kan ente bilang : Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW <-- artinya ulama itu menghormati pendapat zaid bin arqom, menghormati bukan berarti menerima u/ d katakan sahih, sebab sahih hrs ada syarat, Lalu ente bilang lagi : Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau. <-- artinya ulama dan sahabat sepakat dan memberitahukan kita bahwa zaid bin arqom cela kita supaya kita berhati2 dlm memahami ucapan zaid bin arqom.
Dan ternyata para sahabat yg lain tdk ada yg mencela pernyataan beliau kan..
Tidak mencela krn menghormati, bukan berarti menerima
Para sahabat org yg kritis kpd sesama mrk. Umar ra sbg khalifah pernah ditegur oleh sahabat yg lain. Bhk kepergian Husain ke kufah pun yg akhirnya berakhir dgn pembunuhan beliau pun sebelumnya sdh dinasehati oleh para sahabat yg lain spt abdullah bin umar, abdullah bin abbas dll. Klopun ada yg hrsnya dihormati ya umar dan husain tp mrk pun dikritik
Kan zaid bin arqom udah bilang bahwa dirinya sudah pikun, kalaupun ada yg tdk mampu dia sampaikan maka jangan di paksa u/ menyampaikan
Bhk Rasulullah saja jg dipertanyakan kebijakannya jika berurusan sama strategi, spt kasus badar, uhud, khandaq dan jg soal pembuahan pohon korma. Itu aja para sahabat croscek apalg sekelas zaid bin arqam. Mau taraweh dulu sama istri
Sekelas zaid bin arqom.. Memang nya zaid bin arqom lebih dekat dr pada sahabat, dr pada aisyah, dr pada husain.. Kalau rosul saja di tanyakan kebijakannya, harusnya tanya juga donk sekelas zaid, memangnya zaid kedudukannya lbh tinggi dr rosul sehingga kekurangannya dapat di maklumi dan d anggap benar dan maksum.. Alias tidak boleh salah meski dia sendiri mengakui bahwa dia pikun. Ayat al quran yg mana yg menjamin zaid bin arqom benar dan boleh di ikuti, meski dia bilang pikun dan memliki kekurangan? Padahal ente bilang rosul di pertanyakan.. Hebat nian zaid bin arqom tdk di pertanyakan lagi.. Seolah2 ente bilang rosul salah yg benar adalah zaid.. Tinggi nian kedudukannya melebihi rosulullah,
Sorry bro blm sempet baca lg training. Klo zaid aja gak dipertanyakan statement beliau sama dgn pengertian sahabat lainnya
Ente oneng cara berfikir nya.. Itu namanya maksain. Jawab aja dl pertanyaan ane.
Ayat al quran yg mana yg menjamin zaid bin arqom benar dan boleh di ikuti, meski dia bilang pikun dan memliki kekurangan? Kasih sy ayat yg membolehkan mengikuti orang pikun dan memiliki kekurangan?
Skrg gini ente percaya gak sama tsaqalain..? Percaya gak ahlul bait adalah salah satu peninggalan Rasulullah selain al Quran.
Udeh jawab dl aje yg td, ayat yg membolehkan mengikuti orang pikun dan memiliki cela?.. 1 pokok bahasan aje blm kelar. Udh mo pindah
Selama pendapatnya tidak disalahkan oleh orang lain ana terima. Ana sdh jawab pertanyaan ente, skrg ente jawab pertanyaan ane.
Jangan kata orang, kl kata orang nanti mereka berlepas diri... Kata al quran donk
Sy minta ayat. Bukan kata orang
Oke, katakan dia gak harus diikuti perkataannya, berarti ente mengakui dong bhw ahlul bait bkn peninggalan Rasulullah. Hadits Zaid bin Arqam itu kan ttg pesan Rasulullah pd kaum muslimin di ghadir khumm. Berarti ente jg gak beriman dong sama al Quran
Berarti peristiwa ghadir khum jg tidak pernah ada bro.. Kan orgnya pikun.. =D
ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ "̮.. Ente lucu di kasih tau berkali2 ngeyel.. Semua hadis kecuali muslim dan ayat2 ahlul bait tidak memasukan keluarga aqil, jafar dan abbas
Ente bener2 oneng. Cuma satu2 nya hadis dr zaid bin arqom yg memasukan kel. aqil, jafar dan abbas
Scroll ke atas, itu kan penjelasan zaid bin arqam ttg ahlul bait, sebelumnya beliau menjelaskan ttg tsaqalain. Klo ente mempermasalahkan kepikunan beliau, berarti ente menafikan semua yg beliau sampaikan di hadits tsb. termasuk di dalam nya al quran, ahlul bait dan peristiwa ghadir khum itu sendiri.
Nih haditsnya
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قاَلَ قاَمَ رَسُوْلُ اللهِ صلىالله عليه و سلم يَوْمًا خَطِيْبًا (فَقَالَ): أَذْكُرُكُمُ اللهَ فيِ أَهْلِ بَيْتيِ –ثلاثا- فَقَالَ حُصَيْنُ بْنُ سَبْرَةَ وَمَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ يَا زَْيدُ أَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ قَالَ: إِنَّ نِسَاءَهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ وَلَكِنْ أَهْلُ بَيْتِهِ مَنْ حَرُمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ قاَلَ وَمَنْ هُمْ قَالَ هُمْ آَلُ عَلِيْ و آَلُ عُقَيْلٍ وَ آلُ الْعَبَاسِ قَالَ أَكُلُّ هَؤُلاَءِ حَرُمَ الصَّدَقَة ؟ قَالَ: نَعَمْ (صحيح مسلم 7/122-123)
Dari Zaid bin Arqom bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam suatu hari berkhutbah: Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul Baitku (sampai tiga kali) maka Husain bin Sibroh (perawi hadits) bertanya kepada Zaid “Siapakah Ahlul Bait beliau wahai Zaid bukankah istri-istri beliau termasuk ahlil baitnya? Zaid menjawab para istri Nabi memang termasuk Ahlul Bait akan tetapi yang di maksud di sini, orang yang di haramkan sedekah setelah wafatnya beliau. Lalu Husain berkata: siapakah mereka beliau menjawab:“Mereka adalah keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas ? Husain bertanya kembali Apakah mereka semuanya di haramkan zakat ? Zaid menjawab Ya… [Shahih muslim 7/122-123]
Jelas kan hadits ghadir khum itu berasal dari Zaid bin Arqam.. Yg menyampaikan tsaqalain itu kan zaid bin arqam. Jadi ente sendiri ya yg bilang gak percaya ahlul bait, bkn ane.. Oiya ente ngomong soal ayat2 ahlul bait.. Yg mana aja ya..? Ngomong jg ttg al Ahzab ayat 33 ttg mubahalah, siapa yg bermubahalah dgn siapa..?
Ane pertegas lg, bahwa periwayatan hadits tsaqalain itu bukan cuma satu2 nya dari zaid bin arqom. Periwayat yg lain tdk memasukan keluarga aqil, jafar, dan abbas
hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Emang syarat rawy itu bisa diterima apa aja..? Itu aja dulu ente jawab. Klo cuma ngata2in yg pake akal siapa aja bisa bro..
Hadis ente ga memenuhi 2 syarat tsb
Emangnya apa syaratnya..?
itu d atas
Mana?
hadis sahih harus memenuhi 2 syarat, 1. Banyaknya hadis d riwayatkan 2. Riwayat perawi haruslah memenuhi kriteria org yg pantas meriwayatkan hadis (jujur, benar, bukan budak, memiliki ilmu, tidak cela, dll).
Sdh belajar lagi sono.. Kriteria siapa lagi yg ente pake
Jelas2 tidak memenuhi syarat masih ngelak aja
Kitab mana yg bilang gitu.. Belajar deh
=)) ente lucu.. Ente tdk mengakui kesalahan ente dalam memahami hadis dan ayat..
Ente mungkin sudah di kunci mati hatinya. Spt al quran bilang kώk oº°˚˚°º =)) kώk =Doº°˚˚°º
Ente ketawa jg gak bisa hilangkan kejahilan ente thd ilmu hadits..
ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ "̮ ane ketawa krn melihat ente sbg org yg sombong, ketika menolak kebenaran yg d sampaikan al quran dan rosulullah. Maka ane ketawa amal ente spt debu berterbangan
Kejahilan pertama, ente gak tau kualitas rawy dan kualitas hadits.. Belajar ya.. Byk kerancuan pemikiran ente dr sana, tdk nguasai ilmu ushul.
Kuutipan " Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW. Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau."....
Pake logika.. Ini sebuah pengakuan kekurangan zaid bin arqam yg di akui oleh ulama hadis dan sahabat rosul
Kayaknya gak ada yg aneh dgn itu. Klo diakui tentu para sahabat dan ulama akan menolaknya dan tdk akan dibiarkan
Lucu ente tidak pake akal.. Sedangkan اَللّهَ memerintahkan u/ menggunakan akal
Kl cuma baca, copas, kata orang... Itu anak sd juga bisa. Yg اَللّهَ suruh pake akal
Bukan katanya.. Cuma 1 ayat aja ga paham.. Gimana ayat yg lain. Jelas2 ulama dan sahabat mengakui kekurangan dan cela zaid bin arqom.. Eh hadisnya msh di pake jd sandaran.. Sama aja nanya jalan sm org yg pikun dan tidak tau, trus percaya.. Padahal ulama dan sahabat rame2 ngasih tau bahwa dia pikun.. Huakakakaka.. Entelah orang yg di katakan sombong oleh rosulullah krn menolak kebenaran.. Dan berguguran semua amal ente. Merasa hebat sih.. Smpe2 ulama dan sahabat ngsih isyarat aja, tetep ga ngerti..
Kalo kata ulama dan sahabat dia pikun, ya udah.. Ngapain pake nanya jalan sm org pikun, blm tentu bener.. Kenapa ga nanya yg lain aja yg ga pikun.. Kan ente bilang : Tp coba dilihat bgmn adab dr para ulama hadits dan para shahabat Rasulullah SAW <-- artinya ulama itu menghormati pendapat zaid bin arqom, menghormati bukan berarti menerima u/ d katakan sahih, sebab sahih hrs ada syarat, Lalu ente bilang lagi : Dia tau klo dirinya pikun, dikasi tau ke org yg diajakin ngomong. Dan org yg meriwayatkan dr beliau jg menyebutkan kekurangan beliau. <-- artinya ulama dan sahabat sepakat dan memberitahukan kita bahwa zaid bin arqom cela kita supaya kita berhati2 dlm memahami ucapan zaid bin arqom.
Dan ternyata para sahabat yg lain tdk ada yg mencela pernyataan beliau kan..
Tidak mencela krn menghormati, bukan berarti menerima
Para sahabat org yg kritis kpd sesama mrk. Umar ra sbg khalifah pernah ditegur oleh sahabat yg lain. Bhk kepergian Husain ke kufah pun yg akhirnya berakhir dgn pembunuhan beliau pun sebelumnya sdh dinasehati oleh para sahabat yg lain spt abdullah bin umar, abdullah bin abbas dll. Klopun ada yg hrsnya dihormati ya umar dan husain tp mrk pun dikritik
Kan zaid bin arqom udah bilang bahwa dirinya sudah pikun, kalaupun ada yg tdk mampu dia sampaikan maka jangan di paksa u/ menyampaikan
Bhk Rasulullah saja jg dipertanyakan kebijakannya jika berurusan sama strategi, spt kasus badar, uhud, khandaq dan jg soal pembuahan pohon korma. Itu aja para sahabat croscek apalg sekelas zaid bin arqam. Mau taraweh dulu sama istri
Sekelas zaid bin arqom.. Memang nya zaid bin arqom lebih dekat dr pada sahabat, dr pada aisyah, dr pada husain.. Kalau rosul saja di tanyakan kebijakannya, harusnya tanya juga donk sekelas zaid, memangnya zaid kedudukannya lbh tinggi dr rosul sehingga kekurangannya dapat di maklumi dan d anggap benar dan maksum.. Alias tidak boleh salah meski dia sendiri mengakui bahwa dia pikun. Ayat al quran yg mana yg menjamin zaid bin arqom benar dan boleh di ikuti, meski dia bilang pikun dan memliki kekurangan? Padahal ente bilang rosul di pertanyakan.. Hebat nian zaid bin arqom tdk di pertanyakan lagi.. Seolah2 ente bilang rosul salah yg benar adalah zaid.. Tinggi nian kedudukannya melebihi rosulullah,
Sorry bro blm sempet baca lg training. Klo zaid aja gak dipertanyakan statement beliau sama dgn pengertian sahabat lainnya
Ente oneng cara berfikir nya.. Itu namanya maksain. Jawab aja dl pertanyaan ane.
Ayat al quran yg mana yg menjamin zaid bin arqom benar dan boleh di ikuti, meski dia bilang pikun dan memliki kekurangan? Kasih sy ayat yg membolehkan mengikuti orang pikun dan memiliki kekurangan?
Skrg gini ente percaya gak sama tsaqalain..? Percaya gak ahlul bait adalah salah satu peninggalan Rasulullah selain al Quran.
Udeh jawab dl aje yg td, ayat yg membolehkan mengikuti orang pikun dan memiliki cela?.. 1 pokok bahasan aje blm kelar. Udh mo pindah
Selama pendapatnya tidak disalahkan oleh orang lain ana terima. Ana sdh jawab pertanyaan ente, skrg ente jawab pertanyaan ane.
Jangan kata orang, kl kata orang nanti mereka berlepas diri... Kata al quran donk
Sy minta ayat. Bukan kata orang
Oke, katakan dia gak harus diikuti perkataannya, berarti ente mengakui dong bhw ahlul bait bkn peninggalan Rasulullah. Hadits Zaid bin Arqam itu kan ttg pesan Rasulullah pd kaum muslimin di ghadir khumm. Berarti ente jg gak beriman dong sama al Quran
Berarti peristiwa ghadir khum jg tidak pernah ada bro.. Kan orgnya pikun.. =D
ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ...ƗƗɐƗƗɐ "̮.. Ente lucu di kasih tau berkali2 ngeyel.. Semua hadis kecuali muslim dan ayat2 ahlul bait tidak memasukan keluarga aqil, jafar dan abbas
Ente bener2 oneng. Cuma satu2 nya hadis dr zaid bin arqom yg memasukan kel. aqil, jafar dan abbas
Scroll ke atas, itu kan penjelasan zaid bin arqam ttg ahlul bait, sebelumnya beliau menjelaskan ttg tsaqalain. Klo ente mempermasalahkan kepikunan beliau, berarti ente menafikan semua yg beliau sampaikan di hadits tsb. termasuk di dalam nya al quran, ahlul bait dan peristiwa ghadir khum itu sendiri.
Nih haditsnya
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قاَلَ قاَمَ رَسُوْلُ اللهِ صلىالله عليه و سلم يَوْمًا خَطِيْبًا (فَقَالَ): أَذْكُرُكُمُ اللهَ فيِ أَهْلِ بَيْتيِ –ثلاثا- فَقَالَ حُصَيْنُ بْنُ سَبْرَةَ وَمَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ يَا زَْيدُ أَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ قَالَ: إِنَّ نِسَاءَهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ وَلَكِنْ أَهْلُ بَيْتِهِ مَنْ حَرُمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ قاَلَ وَمَنْ هُمْ قَالَ هُمْ آَلُ عَلِيْ و آَلُ عُقَيْلٍ وَ آلُ الْعَبَاسِ قَالَ أَكُلُّ هَؤُلاَءِ حَرُمَ الصَّدَقَة ؟ قَالَ: نَعَمْ (صحيح مسلم 7/122-123)
Dari Zaid bin Arqom bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam suatu hari berkhutbah: Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul Baitku (sampai tiga kali) maka Husain bin Sibroh (perawi hadits) bertanya kepada Zaid “Siapakah Ahlul Bait beliau wahai Zaid bukankah istri-istri beliau termasuk ahlil baitnya? Zaid menjawab para istri Nabi memang termasuk Ahlul Bait akan tetapi yang di maksud di sini, orang yang di haramkan sedekah setelah wafatnya beliau. Lalu Husain berkata: siapakah mereka beliau menjawab:“Mereka adalah keluarga Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas ? Husain bertanya kembali Apakah mereka semuanya di haramkan zakat ? Zaid menjawab Ya… [Shahih muslim 7/122-123]
Jelas kan hadits ghadir khum itu berasal dari Zaid bin Arqam.. Yg menyampaikan tsaqalain itu kan zaid bin arqam. Jadi ente sendiri ya yg bilang gak percaya ahlul bait, bkn ane.. Oiya ente ngomong soal ayat2 ahlul bait.. Yg mana aja ya..? Ngomong jg ttg al Ahzab ayat 33 ttg mubahalah, siapa yg bermubahalah dgn siapa..?
Ane pertegas lg, bahwa periwayatan hadits tsaqalain itu bukan cuma satu2 nya dari zaid bin arqom. Periwayat yg lain tdk memasukan keluarga aqil, jafar, dan abbas
Ana
tegaskan jg bhw zaid bin arqam meriwayatkan hadit tsaqalain, berikut tafsirnya
dan tdk ada seorg sahabat pun yg menyanggahnya, begitu pula ulama setelahnya
dan bhk menjadi konsensus bagi sunni utk menghormati ahlul bait.
Terima kasih telah membaca artikel tentang DIALOG SUNNI-SYIAH: AHLUL BAIT 2 di blog Tadabbur Kubur Takabbur jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
4 comments
mantab .... makin seru aja nih .... in sya Alloh bermanfaat
BalasSebaiknya hadistnya diteliti lg ,, mmg sih org pikun jgn di telan mentah2 omongannya entar tersesat.
BalasDlm hadist tsb kita dipaksa utk percaya pd omongan Zaid bin Arqom, pdhal seharusnya adalah sabda nabi Saw. Ya aneh jk entar menggunakan sunahnya Zaid bin Arqom bukannya dr nabi Saw.
BalasSeru nih..kwkwkkwk..
Balas